Jumat, 01 Oktober 2010

Proses instalasi Windows gagal


Sungguh puyeng rasanya jika proses instalasi windows gagal, apalagi jika proses sudah berjalan selama beberapa puluh menit. Installer Windows sebenarnya digunakan oleh banyak vendor software selain Microsoft. Dalam beberapa kasus, installer mereka dapat mengakibatkan kesalahan ketika mencoba untuk menginstal sebuah produk perangkat lunak. Satu kesalahan yang mungkin adalah installer error 1619, dengan pesan yang umum muncul seperti dibawah ini;
error 619
This installation package could not be opened. Verify that the package exists and that you can access it, or contact the application vendor to verify that this is a valid Windows Installer package.”
Pada dasarnya pesan diatas adalah bahwa installer tidak dapat membuka salah satu bagian dari paket instalasi. Ini biasanya merupakan masalah akses NTFS, masalah dengan download komponen tambahan installer, atau masalah dengan versi Windows Installer.

Mengatasi Installer Error 1619
Langkah pertama adalah memastikan Anda memiliki paket layanan terbaru yang diinstal pada versi Windows Anda. Artinya harus dipastikan bahwa Anda memiliki Windows Installer terbaru. Jika Anda masih mengalami masalah dengan Windows Installer, coba men-download dan menginstal versi terbaru Windows Installer secara manual.
Memperbarui Installer Windows juga harus memperbaiki masalah akses windows, di mana pengguna tidak memiliki hak yang tepat dalam folder NTFS yang digunakan oleh installer. Jika ini tidak membantu, periksa hak akses bagi pengguna saat ini dalam folder instalasi, atau log in sebagai pengguna dengan hak administrator dan coba instal kembali perangkat lunak.
Ketika installer mencoba untuk men-download komponen tambahan instalasi dari web, seperti Java Runtime library, installer error 1619 bisa berarti masalah dengan akses Internet. Jadi selalu periksa pengaturan firewall dalam kasus-kasus ini, dan pastikan installer memiliki akses web. Hal ini dikarenakan pembatasan firewall Microsoft.

Ada kemungkinan satu lagi untuk kesalahan installer 1619 terjadi yaitu ketika Anda mencoba untuk menginstal aplikasi yang dikembangkan dengan Visual Studio NET dengan pengaturan Web bootstrapper. Tetapi untuk itu silahkan cek artikel Microsoft Knowledge base karena ini masalah agak spesifik.
Ketika instalasi gagal, pastikan Anda uninstall atau menghapus instalasi pertama yang gagal, karena banyak masalah instalasi gagal bisa berturut-turut disebabkan karena instalasi awal gagal. Jadi ketika melakukan upgrade, selalu pertimbangkan untuk menguninstall yang lebih tua, barulah memasukkan yang baru.

1 komentar:

  1. Hai Friend, apa khabar?
    Saya buat postingan baru nich.
    Kalau sempat silahkan mampir di blog saya, yaa…
    http://sosiomotivation.blogspot.com
    Kita bisa berbagi tentang motivasi.
    Selamat menikmati, semoga bermanfaat.
    Thanks.

    BalasHapus

Diberdayakan oleh Blogger.