Jumat, 01 Oktober 2010

Prinsip dasar perbaikan komputer



perbaikan komputerMengapa saya menyebutnya prinsip dasar perbaikan komputer ? Karena sebelum kita lebih lanjut mengutak-atik sebuah komputer ada hal-hal mendasar yang harus diketahui terlebih dahulu. Orang ilmuwan mengatakan praktek tanpa teori suatu kebodohan (walaupun tidak selalu benar). Artinya sebelum Anda memulaimemperbaiki PC Anda ada baiknya melakukan persiapan yang matang terlebih dahulu sehinggan tidak menimbulkan masalah yang justru lebih parah pada komputer.
Ada sebagian orang yang sangat takut berbicara mengenai memperbaiki sendiri komputer tetapi sekaligus juga sangat enggan dan tidak ingin berhubungan dengan jasa teknisi komputer yang menurutnya memakan biaya sekaligus memakan waktu. Jika demikian halnya, mengapa tidak belajar memperbaiki komputer. Ini harus menjadi indikasi bahwa Anda, sebagai pengguna akhir, harus siap untuk melakukan sebanyak mungkin pemecahan masalah sebelum memanggil dukungan teknis.
Setelah 1 tahun blog ini membahas masalah komputer, akhir-akhir ini saya banyak menerima email berisi keluhan yang sebenarnya menurut saya tidak membutuhkan jasa teknisi dengan tingkat masalah seperti itu. Sebagai contoh memasang printer baru kan seharusnya tidak perlu menggunakan jasa teknisi jika kita mau belajar. Artinya kebanyakan dari keluhan itu sebenarnya hal-hal yang sangat dasar yang seharusnya sudah diketahui oleh pengguna komputer pada umumnya. Ada baiknya Anda membaca artikel Persiapan Menjadi Maintenance Komputer sebelum melanjutkan membaca lanjutan artikel ini.
Tetapi bagaimana harus memulai? Sebelum menghubungi layanan teknis dan membayar untuk membantu Anda, belajarlah menjadi teknisi komputer dan periksalah komputer Anda sendiri. Sebuah akal sehat sedikit dapat membantu Anda memecahkan masalah sederhana pada hardware dan perangkat lunak anda. Jika Anda benar-benar awam untuk memperbaiki komputer, sebelum Anda memanggil teknisi lakukan dulu langkah-langkah sederhana dibawah ini;
  1. Restart komputer. Banyak masalah software akan terkoreksi sendiri ketika Anda merestart.
  2. Periksa kabel Anda. Keyboard tidak bekerja? Pastikan kabelnya terpasang baik. Mouse tidak menanggapi? Pastikan kabelnya terpasang baik.
  3. Komputer mati? Periksa daya listrik. Plug lampu ke stopkontak listrik yang sama yang terhubung ke komputer Anda untuk memastikan outlet tersebut bekerja.
  4. Tidak ada tampilan? Pastikan kabel komputer dan monitor dipasang dengan baik.
  5. Lepaskan beberapa perangkat yang terpasang (seperti printer atau eksternal disk Zip) dan restart komputer. Ada kalanya ketika komputer bermasalah bisa jadi salah satu perangkat ini adalah penyebabnya.
  6. Mendengarkan suara-suara yang tidak biasa. Apakah kipas pendingin berjalan? Apakah hard drive membuat suara-suara aneh?
  7. Lihatlah di dalam komputer Anda, mungkin ada kabel yang tidak dipasang dengan baik sehingga koneksi rusak.
  8. Mulai komputer dari disk start-up eksternal, seperti CD perangkat lunak sistem yang disertakan dengan komputer Anda.
Jika Anda sudah melakukan hal-hal diatas dan masalah tidak selesai, maka Anda sudah harus bisa menggambarkan kerusakan pada komputer Anda. Ini sangat penting agar Anda tidak diperbodoh oleh teknisi gadungan. Jelaskan sespesifik mungkin saat berbicara dengan orang yang akan membantu Anda. Contoh: “Setiap kali saya mencoba untuk memulai Start, saya mendengar suara densing yang berkepanjangan…..dst” Deskripsi masalah yang Anda sampaikan akan membantu teknisi yang Anda panggil agar bekerjanya cepat dan tepat. Nah jika Anda tidak ingin berhubungan dengan jasa teknisi, silakan baca juga artikel ini; Panduan Lengkap Merakit, Perawatan dan Perbaikan Komputer untuk langkah awal menjadi teknisi komputer

Credit:yasir

0 komentar:

Poskan Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.